Kamis, 20 Agustus 2020

TIPS BELAJAR UNTUK ULANGAN HARIAN

 

TIPS BELAJAR UNTUK ULANGAN HARIAN

 

A.Algoritma soal

            Algoritma soal ini merujuk pada soal-soal yang biasa dibahas/keluar pada mata pelajaran yang akan diujikan.Biasanya soal-soal ini keluar pada latihan-latihan di buku atau di papan tulis yang guru pernah ajarkan.Jadi mempelajari soal-soal yang pernah di kerjakan sangatlah efektif.Karena biasanya ada beberapa soal yang mirip,bahkan sama.

B.Kisi-kisi

            Kisi-kisi biasanya diberikan pada siswa sebelum hari ulangan,manfaatkan benar-benar kisi-kisi yang diberikan guru,karena ini adalah kunci dalam ulangan.Lalu bagaimana jika guru tidak memberikan kisi-kisi..?

C.Tanyakan Pada Guru

            Kisi-kisi memang kadang tidak diberikan saat akan Ulangan Harian,Kisi-kisi biasanya untuk Ujian ataupun Try Out.Jadi,jika tidak diberikan kisi-kisi untuk Ulangan Harian,bertanya pada guru pengajar adalah jawabannya.Tanyakan pada gurumu soal-soal seperti apa yang akan keluar pada Ulangan.

D.Belajar pada malam hari

            Belajar tidak hanya malam hari saja,bisa kapan saja sesuka hati.Tapi saya sendiri menganjurkan untuk selalu belajar pada malam hari karena setelah belajar kita bisa tidur sehingga ingatan kita tidak terganggu oleh aktivitas lain.

E.Bermain Tanya-Jawab dengan teman

            Bermain Tanya-Jawab ini juga sangat efektif untuk memperkuat daya ingat otak.Selain asik juga permainan ini banyak manfaatnya.Lakukan saat belajar bersama ataupun saat beberapa waktu sebelum ulangan akan dimulai.

F.Belajar di Pagi Hari

            Kegiatan ini bisa dilakukan sebelum berangkat sekolah dan bisa ditambah saat sudah berada di kelas,saat pagi hari pikiran masih fresh sehingga akan efektif untuk mempertajam ingatan belajar semalam.Biasanya semua siswa di kelas selalu melakukan kegiatan ini.

 

           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

THE PHILOSOPHY OF HISTORY

 Robin George Collingwood (1889-1943) was an influential English philosopher and historian known for his contributions to the philosophy of ...