Jumat, 11 September 2020

SOAL LATIHAN KONSEP BERPIKIR SINKRONIK & DIAKRONIK DALAM SEJARAH KELAS 10 SMA SEMESTER 1 2020/21

 

 

SOAL LATIHAN KONSEP BERPIKIR SINKRONIK & DIAKRONIK DALAM SEJARAH KELAS 10 SMA SEMESTER 1 2020/21

 

1.Jika mempelajari peristiwa sejarah secara menyeluruh, meliputi waktu yang panjang, tetapi terbatas dalam ruang, Anda menggunakan konsep berpikir...

A.Kronik

B.Sinkronik

C.Diakronik

D.Kronologi

E.Anakronisme

 

2.Konsep berpikir sinkronik dalam mempelajari peristiwa-peristiwa sejarah akan membutuhkan...

A.Biaya penelitian yang besar

B.Perbandingan dengan ilmu sosial

C.Teori dan konsep ilmu-ilmu sosial

D.Waktu yang lama untuk membuat analisisnya

 E.Sumber asli hasil wawancara dengan pelaku sejarah 

3.Tujuan berpikir sinkronik dalam mempelajari sejarah adalah...

A.Melihat perubahan dan perkembangan suatu peristiwa sejarah secara struktural

B.Mempermudah mengkaji peristiwa sejarah karena telah sesuai urutan waktu

C.Tidak terjadi tumpang tindih atau bertumpukan antarperistiwa sejarah

D.Mempemudah penerapan konsep periodisasi dan kronolosi

E.Mempelajari peristiwa sejarah sesuai waktu terjadinya

 4.Kronologi sangat penting dalam merekonstruksi peristiwa masa lalu dan menghindari terjadinya anakronisme. Definisi anakronisme dalam sejarah adalah....

A.Kerancuan dalam urutan peristiwa sejarah

B.Pembabakan peristiwa sejarah tanpa dasar yang jelas

C.Terjadinya missing link dalam urutan peristiwa sejarah

D.Terdapatnya dua peristiwa sejarah dalam versi yang berbeda

E.Hilanngnya satu atau dua peristiwa sejarah dalam suatu kronologi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

THE PHILOSOPHY OF HISTORY

 Robin George Collingwood (1889-1943) was an influential English philosopher and historian known for his contributions to the philosophy of ...