Senin, 07 September 2020

Contoh Teks eksposisi tentang Kemacetan Lalu lintas

 

Kemacetan Lalu lintas

 

Tesis :

            Permasalahan mengenai kemacetan lalu lintas tidaklah terdengar asing di telinga kita.

Di sejumlah kota besar, kemacetan  lalu lintas di jalan raya menjadi masalah yang sangat sulit untuk  dihindari.kemacetan bukanlah kejadian langka,mungkin setiap harinya kemacetan terjadi di kota-kota besar seperti Jakarta.Kemacetan lalu lintas ini merupakan keadaan yang membuat jengkel bagi semua pengendara yang terjebak dalam situasi tersebut.

 Argumen 1 :

            Kemacetan terjadi pada waktu tertentu dan menghasilkan pola kejadian.

Kemacetan biasanya terjadi karena pada pagi hari kemacetan disebabkan oleh para pekerja yang pergi ke tempat kerja dan para pelajar yang pergi ke sekolah,dan pada siang hari biasanya kemacetan berada pada puncaknya karena karena kendaraan yang berlalu-lalang menjadi banyak.

            Namun,tidak hanya itu saja.kemacetan lalu lintas selalu dapat diprediksi di jalan-jalan pariwisata dan saat-saat hari besar karena biasanya para perantau akan melakukan mudik.Tapi,karena jalan Tol sudah banyak di Indonesia,kemacetan pasca mudik sudah berkurang.

Argumen 2 :

            Transportasi umum yang menjadi kunci mengurangi kemacetan juga nampaknya belum bisa menyelesaikan masalah ini.

Seperti kereta cepat,bus,ojek online dll.Nampaknya solusi tersebut benar-benar tumpul,dan pemerintah yang selalu menjanjikan jalan kota bebas macet nampaknya masih ambigu.Tak ketinggalan masalah-masalah seperti pinggiran jalan yang dijadikan lahan parkir dan tempat pedagang juga nampaknya harus dipertegas karena hal-hal tersebut juga sangat berpengaruh menyebabkan kemacetan.

Argumen 3 :

            Kemacetan lalu lintas menyebabkan memburuknya udara sekitar sehingga tercemar.

Dilansir dari situs halodoc.com, Polusi udara  juga berkaitan erat dengan perubahan iklim. Pendorong utama perubahan iklim adalah pembakaran bahan bakar fosil yang juga merupakan kontributor utama pencemaran udara. Efek kesehatan dari polusi udara sangat serius, di antaranya adalah stroke, kanker paru-paru, dan penyakit jantung. Ini memiliki efek setara dengan merokok tembakau dan jauh lebih tinggi daripada efek makan terlalu banyak garam. Inilah beberapa alasan mengapa polusi udara memberikan pengaruh negatif pada kesehatan.Dan sebaiknya juga para pengendara untuk mengenakan masker guna meminimalisir efek dari knalpot kendaraan yang mengandung gas buang yang bahaya bagi kesehatan tubuh.

           

Penegasan Ulang :

            Masalah kemacetan di atas merupakan masalah serius yang harus segera diselesaikan.

Karena selain menyebabkan stres bagi orang-orang yang kelamaan terjebak di tengah jalan,juga karena masalah lingkungan dan kesehatan. Tidak bisa dipungkiri bahwa masalah keruwetan lalu lintas adalah masalah yang pelik. Oleh karena itu, kesadaran penggunaan jalan perlu ditingkatkan dengan diadakannya penertiban oleh pihak-pihak berwenang.

 

            Oleh Anang Sugiarto

           


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOAL BAHASA JAWA LENGKAP DENGAN JAWABAN PILIHAN GANDA SERAT WEDHATAMA

  Tembang iku sejatine wulane sawijining tulisan kang anggone maca kanthi cara...  * sakkarepe dewe dilagokake manut laras kang mathuk waton...